Kamis, 01 Maret 2012

Cara Membuat Flashdisk Bootable dengan Mudah


Rufus sangat memudahkan kita saat membuat bootable USB Windows, Linux, dll. Selain mudah digunakan, Rufus juga jauh lebih cepat daripada software-software sejenis seperti UNetbooting, WinToBootic, Universal USB Installer, dll.Cara Membuat Flashdisk Bootable
Membuat bootable USB merupakan hal yang penting untuk diketahui, terutama bagi pemilik notebook. Kenapa? Karena sebagian besar notebook tidak memiliki CD/DVD Drive sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk menginstall sistem operasi melalui USB. Di artikel ini saya akan memberikan cara membuat flashdisk bootable dengan mudah. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat bootable USB Windows 7 maupun versi Windows lainnya.
Software gratis yang akan kita gunakan untuk membuat bootable USB kali ini adalah Rufus. Ada beberapa hal yang membuat saya memilih Rufus untuk membuat bootable flashdisk :
1. Rufus sangat ringan dan paling cepat dibandingkan software sejenisnya. Ukuran filenya pun sangatlah kecil, hanya sekitar 400 KB saja.
2. Mudah digunakan untuk membuat bootable USB dari file ISO yang bootable (Windows, Linux, dsb)
3. Memiliki berbagai fungsi lainnya seperti low level utility, flash BIOS atau firmware lainnya.

Cara Membuat Flashdisk Bootable

NB : dalam contoh dibawah ini, saya menunjukkan cara membuat bootable USB Windows 7. Anda bisa menyesuaikan dengan keperluan anda.
1. Download Rufus
Download Rufus 1.1.3

2. Pastikan USB flashdisk sudah terpasang di komputer anda, kemudian jalankan rufus_v1.1.3f.exe
3. Pastikan anda mencentang bagian “Create a Bootable Disk Using”. Jika anda ingin membuat bootable USB Windows 7 atau versi lainnya, gunakan “ISO Images” sebagai sumbernya. Setelah itu klik tombol browse yang ada di sebelahnya. (lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya)
Cara Membuat Flashdisk Bootable
4. Pilih file ISO yang anda inginkan dan klik “Open”.
Cara Membuat Flashdisk Bootable
5. Klik start untuk mulai membuat flashdisk bootable.
Cara Membuat Flashdisk Bootable
6. Selesai.
Mudah sekali bukan? Dengan mengikuti cara membuat flashdisk bootable diatas, anda tidak perlu menguasai teknis dan keahlian khusus jika ingin membuat bootable USB. Kini anda bisa membuat bootable USB Windows 7, Windows XP, Vista, Linux atau sistem operasi lainnya yang anda inginkan.
Rufus mendukung banyak sekali file ISO. Anda bisa membuat flashdisk bootable menggunakan file ISO Arch Linux, Archbang, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, Knoppix, Kubuntu, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Slackware, Tails, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows 7, Windows 8 Developer Preview, Windows Vista, dll.




sumber: http://www.pusatgratis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar